BATU MALIN KUNDANG vs 21 KEAJAIBAN DUNIA

tali malin kundang

tali malin kundang

AJAIB berbeda dengan MEGAH. Berbeda juga dengan MENGAGUMKAN. AJAIB seharusnya berarti sesuatu hal yang luar biasa dan tidak dapat diterangkan secara akal sehat maupun dengan pendekatan multi disiplin ilmu-ilmu, bagaimana hal itu dapat terjadi. Bangunan-bangunan aneh yang terdapat di dalam goa-goa, bentuk bulan yang berubah-ubah atau adanya babi yang berkaki dua, dapat diterangkan secara akal sehat dan pendekatan multi disiplin ilmu. Tetapi adalah ajaib bahwa Isa AS dapat berbicara ketika dalam kandungan ataupun adalah ajaib bahwa Muhammad SAW dapat mengatakan teori “Big Bang” pada tahun 600 M.

Berdasar hal itu adalah kurang tepat apabila mengatakan Gedung Opera Sydney, Patung Liberty AS, Menara Eiffel Perancis ataupun patung Yesus yang tingginya 38 M di Brazil merupakan keajaiban dunia. Piramida Giza di Mesir mungkin dapat dikatakan keajaiban dunia, oleh karena sulit sekali menerangkan secara ilmu arsitektur, bagaiman hal tersebut dapat terjadi. Bahkan arsitektur jaman sekarang masih belum bisa membuatnya. Sehingga seharusnya dibedakan antara KEAJAIBAN dunia dengan KEMEGAHAN dunia, megah oleh karena bangunan itu memang hebat atau indah, terlebih-lebih bila dibangun pada jaman dahulu kala. Tembok besar Cina lebih megah daripada patung Liberty AS atau menara Eiffel Perancis.

Keajaiban dunia berdasarkan NOWC (New Open World Corporation) Portugal 7 Juli 2007, menghasilkan 7 bangunan ajaib dunia dan 14 bangunan untuk nominasi bangunan ajaib dunia.

7 Bangunan Ajaib Dunia:

· Tembok Besar Cina

· Taj Mahal India

· Petra Jordania (Kota yang didirikan dengan memahat dinding batu)

· Piramida Chichen Itza Meksiko (Bangunan istana, kuil, monumen dari suku Maya Meksiko)

· Machu Picchu Peru (Kota berlapis emas dari suku Inca Peru)

· Colloseum Italia (Arena pertarungan peninggalan Romawi)

· Patung Kristus Penebus Brazil (Patung yang didirikan tahun 1921 dengan tinggi 38 M di puncak Gunung Corcovado, 710 m di atas laut).

Komentar :

Tidak ada yang ajaib disitu, semuanya hanya menunjukkan kegigihan manusia dalam membangun (walaupun dengan pengorbanan berjuta-juta nyawa manusia). Semuanya pantas menjadi situs warisan dunia/UNESCO kecuali untuk patung Kristus di Brazil, karena bangunan itu biasa-biasa saja.

14 Bangunan Nominasi Bangunan Ajaib Dunia:

· Acropolis Yunani (Reruntuhan Kota Kuno)

· Istana Alhambra Spanyol (Bangunan megah dan indah peninggalan jaman Islam di Spanyol)

· Candi Angkor Wat Kamboja (Kuil tua Hindu yang indah di Kamboja)

· Patung Raksasa Moai Cile (Patung-patung besar yang dibuat ± 1000 tahun yang lampau)

· Menara Eiffel Perancis

· Museum Hagia Sophia Turki (Bangunan megah dan indah yang dibuat pertama kali oleh Kaisar Konstantin Romawi kemudian berubah menjadi gereja, masjid dan terakhir jadi museum).

· Biara Kiyomizu Jepang (Kuil Budha yang indah dan megah yang didirikan tahun 798 M)

· Katedral St Basil Rusia (Katedral tahun 1555 M)

· Istana Neuschwanstein Jerman -Bangunan istana yang megah dan indah di Bavaria Jerman, tahun 1868

· Piramid Giza Mesir

· Patung Liberty AS (Patung raksasa 93 M di dekat Pelabuhan New York, dibangun tahun 1886)

· Stonehenge Inggris (Batu-batu berdiri melingkar yang dibuat dari jaman 3000 – 1600 SM)

· Gedung Opera Sdney Australia

· Kota Timbuktu Mali (Bekas kota perdagangan terbesar di kota Arika Barat)

Komentar :

Tidak ada yang ajaib disitu, kecuali untuk Piramida Giza di Mesir. Semua bangunan tersebut hanya pantas menjadi situs warisan bangsa itu sendiri, kecuali untuk Piramid Giza, Acropolis Yunani, Istana Alhambra Spanyol, Angkor Wat Kamboja, Hagia Sophia Turki dan Stonehenge Inggris. Bangunan-bangunan itu baru pantas menjadi warisan dunia/UNESCO, walaupun tidak ajaib kecuali Piramid Giza seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

ampuun maak!

ampuun maak!

Bagaimana dengan Batu Malin Kundang?

Termasuk bangunan ajaib, oleh karena kapal yang berubah menjadi batu, tali-tali kapal yang menjadi batu, gentong-gentong air, kotak-kotak harta dan tubuh Malin Kundang semuanya berubah menjadi batu, merupakan sesuatu yang luar biasa, sulit diterangkan secara akal sehat dan secara keilmuan. Bahkan apabila tanah-tanah dan pasir itu dibongkar, kita akan melihat dasar kapal dan kemudi kapal yang berubah menjadi batu. (kenapa sampai hari ini tidak ada arkeolog yang melakukan penelitian bangunan ajaib ini ya?)

Dengan melihat batu Malin Kundang dan batu-batu bekas kapal di sekitarnya, tanpa perlu berdebat, kita dapat mengatakan bahwa Allah Tuhan Semesta Alam itu sungguh-sungguh ada dan hidup, mendengar dan berkehendak. Dan itu adalah warisan yang penting bagi dunia, sudah sepatutnya UNESCO menjadikannya situs warisan dunia dan para penduduk bumi menjadikannya salah satu bangunan paling ajaib dunia.

Budaya menyatakan kebenaran berdasarkan mayoritas (banyaknya pemilih, banyak penelpon) sudah sepantasnya ditinggalkan. Sudah saatnya dunia menjadikan Ruhul Kudus (hati nurani) sebagai pemimpin dan penentu kebenaran.

About these ads
Published in: on Agustus 4, 2008 at 7:20 am  Comments (142)  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: http://mudawaly.wordpress.com/2008/08/04/batu-malin-kundang-vs-21-keajaiban-dunia/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

142 KomentarTinggalkan komentar

  1. Dalam kamus bahasa defenisi ajaib itu adalah megah, mengagumkam, luar biasa dan lain-lain…
    malin kundang ajaib? gak deh kali..
    coba survey kembali.Ada PLTA di Lingke. masih ingat kejadian besar akhir tahun 2004? Nah, Itu kapal yang berat ribuan ton (habisnya besi semua..)dibawa oleh arus tsunami lebih 15 km. Ajaib enggak? Ajaib bro… masih tentang PLTA itu..Konon itu PLTA mau dikembalikan lagi kelaut. Tetapi kontraktornya luar negeri tidak berani jamin kapal tersebut masih tetap kokoh (kehabisan akal, mau dikiloan..) Ajaib lagi deh!!

    Nah, katanya manusia sekarang pintar2, banyak doktor sain dsbnya.

    Ajaib itu enggak masuk akal, tapi terjadi. Sedangkan megah dan mengagumkan, itu masuk akal, sehingga dapat terjadi, baik lewat ilmu pengetahuan maupun dengan mengorbankan ratusan nyawa manusia. PLTA tidak ajaib, karena air tsunami memang sangat besar. yang ajaib justru mesjid-mesjid yang selamat di Aceh. seharusnya mesjid-mesjid yang selamat itulah yang menjadi keajaiban dunia! B-)

    • Yang Ajaib ITU BRO,,, KOTA ACEH sEKARANG,, SETELAH DI HANTAM TSUNAMI PADA TAHUN 2004,, ACEH BARU AMAN SEKARANG,,????????.
      KARENA SEBELUM GEMPA MANUSIANYA PADA GILA SEMUA GARA GARA MAU PISAH DARI NKRI ,, TERMASUK SAYA KORBANYA, KITA HARUS MENGUNGSI DAN PUTUS SEKOLAH,, ORANG SALING MEMBUNUH,, KARNA KEKEJAMAN MASYARAKAT TERSEBUT,,,???? ALLAH MURKA DAN MARAH,, DATANG LAH TSUNAMI,,, BARU SEKARANG AMAN,,, ITU BARU KEAJAIBAN DUNIA,,,??????? BENARKAN DAN MASUK AKAL,,?/

      • bener banget tu bro aq setuju

      • masuk akal lah emang ajaib ko&&&&

  2. Yang ajaib itu Monas!

    bisa bikin gedung tinggi menjulang, bertahtakan emas ton-tonan..
    Lha, itu dananya dari mana? emasnya punya siapa? Kok ya gak ada Tomb Rider atau Ocean Eleven, twelve, thirteen yang mau menjarah emas itu..?
    Apalagi kalau Indiana Jones yang udah bangkotan…

    Ajaib!
    dari podjok monas.

    akur..haha, berarti negeri ini dengan manusianya cukup pantas kita masukkan ke dalam keajaiban dunia juga..!

    • bener itu,masyrakat indnesia memnang pantas masuk daftar 7 keajaiban dunia,
      coba kita pikir2 : dalam pelajaran sejarah kita,tidak pernah menerangkan dari mana dana untuk mmbangun monas? apa lagi emas y? apa emas y di kutip dari tiap rakyat indonesia masing 2 gram/KK.

      MUNGKIN GAK YA KAYAK GITU!!!!!!!!##################%^#$^&%^*$%^*#%^*^&*&)(&*)*(

      • oh iya ya .. seumur hidup ga pernah denger monas darimana dibentuknya .. wkwkwkw hebat !

    • sabar aja entar lagi emas monas ada yang nyuri kok biar gak jadi kemegahan lagi, diganti periuk-periuk orang miskin sebagai pengingat akan masyarakat kita yang masih banyak dalam lembah kemiskinan

      • anda jngn berdoa sprt itu walau bagai mana pun indonesia adlah negara kita tercinta jadi doa kan agar indonesia maju dan mudah2n orang2nya bisa dkasih amanah untuk menjalankan tugas,maju terus indonesia,maju terus islam (nahdatul ulama) aku siap mendukung mu walau nyawa taruhanya…

  3. kalo keajaiban dunia salah satu nominasi, jelas lo Mal. enggak percaya?? coba di mana di dunia ini yang bisa menciptakan Babi berkaki 2 kalo bukan lo??

    Perasaan ada yang masih ‘kangen’ ama babi berkaki 2.. hehe! Kayaknya perlu gw translate tuh tulisan ke bahasa inggris, trus gw kasih ke Obama buat bahan kampanye die… soalnya di negara dia sarangnya babi berkaki 2! :)

    • yang ajaib itu “kENTUT”….BAYANGIN AJA KALO MANUSIA TAK BISA KENTUT…. pasti kalo bicara mulutnya pada bausemua….kentut aja bau apa lagi tidak!!!!!!!!!! NGA ADA YANG AJAIB DI DUNIA INI BILA MEREKA ORANG YANG BERIMAN

      • WOW! lol!

    • WOI ORANG ISLAM..!!KALIAN SEMUA ANJING..BISANYA CUMA MENGHINA AGAMA ALIN AJA.. COBA NGACA KALIAN ITU ADALAH UMAT PARASIT DI DUNIA..SEMUA KEKACAUAN YG ADA SELALU ORNG ISLAM YANG JD DALANG..SO BERTOBAT & AL-QURAN LOE DI BUAT UNTUK LAP KACA JENDELA ATAU BUAT CEBOK ANJING AJ…

      • terimakasih, semua orang islam dapat pahala gara-gara anda. ditunggu lagi comment-nya.. (comment anda membuktikan siapa yang mewarisi sifat anjing) :))

      • wah lu kalo ngomong hati2 coy…..lu bakal kena azab dari allah….gw doain lu biar pendek umurnya deh….and cepat masuk lobang kubur. and lo bakal tau agama islam lah yg paling benar kafiiiiiiiir. dan lo bakal di pentung ama malaikat penjaga kubur….! itu pasti….!

      • WOY……UE KUTUK JD KODOK EU
        MW EU UE SALIB..

      • Trima Kasih atas komentnya.Lo akan Menemukan Kebenaran agama Islam.setelah lo meninggal.

      • hah ????????????????
        ouh yah ……..

        gue isLam ..Loe bkandth iia

      • Trims..Cepat tau lambat kamu akan merasakan akibat dari ucapanmu

      • astagfirullah

        saya dan yg lainya (mungkin) telah bersabar..

        anda telah mengejek agama kami.. tapi. kamu harus sadar kalo kamu telah mengejek agama orang..!!… subhanallah…

      • ngepet lu ,,emang agama lu apa ? seenak dewek ,,bnerani ama gua sini ,,ngehina agama islam ..

      • kamu pasti masuk neraka !!!

      • woi kasar x ngomongnya… ga berpendidikan ya?… sekolah ga sich lho?… jaga dong mulut, perkataan lho diliat semua orang.

      • betul itu sodara ku
        yang menghina islam
        itulah sifat aslinya dari mulutnya sendiri dia mengatakan anjing. begitukah ajaran mu agamamu
        sesungguh islam itu rahmat bagi semua alam berserta isinya..

      • iya alhamdulillah, klo di Polri ada maling teriak maling. disini anjing teriak anjing.. he…he…

      • Hai bung kenapa bawa-bawa agama, sudah jelas Islam adalah agama yang benar masih gak percaya coba lihat kisah Perahu nabi Nuh dan banjir bah, laut yang terbelah dan kematian firaun dijaman nabi Musa dan masih banyak lagi kisah yang termuat dalam Kita Suci Alqur’an yang menjadi pelajaran buat kita mari kitra renungkan pelajari baik-baik.

      • Hai bung kenapa bawa-bawa agama, sudah jelas Islam adalah agama yang benar masih gak percaya coba lihat kisah Perahu nabi Nuh dan banjir bah, laut yang terbelah dan kematian firaun dijaman nabi Musa dan masih banyak lagi kisah yang termuat dalam Kitab Suci Alqur’an yang menjadi pelajaran buat kita mari kita renungkan dan pelajari baik-baik.

      • wooooyyyy….KETIMBANG KM YG GAK PUNYA AGAMA N lebih baek kamu diem aja kalo gak pengen di azab oleh Allah jadi PATEKNYA….
        sekarang ini NERAKA UDAH DI BUKA BUAT ORANG2 KAYAK LU…G di dunia ato di akhirat!!!!!

      • siapa yg anjing kayaknya gak usah di ragukan lagi,coz islam gak ngajarin kata2 kasar kayak itu.

      • baru kali ini ada yang menghina agama islam,setelah zaman nabi dhulu.. kalau kamu berani,beritahu alamatmu,no hp mu bangsat…. ni orang gara-gara kebanyakan makan babi ma anjing kaya x..
        setan, kalian memang pantas masuk neraka jahanam

      • wah mas, komen mas ngasi kita pahala. yang mewarisi sifat anjing bnr juga si,klo ign bicara dipikir dlu mas. pake otak, saya memang orang islam tapi saya ga kesel. cuma kasian aja sama mas nnt klo di mnta pertanggung jawabkan di akhirat, apa lg telah menghina2 kitab saya, al-quran .

      • astaghfirulloh……… yang menghina oirang muslim… semoga di bukakan hatinya untuk senantiasa berbuat baik dan dijauhkan dari segala mara bahaya, azab dan semua yang menyangkut keselamatan dia dan keluarganya

      • memang’a kmu beragama apa………?????????
        semoga ucapan mu di balas oleh yg maha kuasa………..lihat saja nanti diakherat hukuman apa yg ALLAH berikan padamu………..
        lihat lah nanti siksa apa yg Allah brikan pda mu…………..ucapan mu akan di pertanggungjawabkan di akherat kelak………..

      • hmmmmmmmm tp masa tuhan lo jenggotan & telanjang gt sih???? NGERIIIII…HHAHHAHAHAHHA

      • kmu tuhh yg ANJING, BINATANG, SETANN____
        kmu agama ap sichhh???
        kmu tuchh yg PENYEBAR MAKSIAT______
        siFAT ANJINK, SETAN, BINATANG_________
        MATI AJA LOE_____________________________

      • kmu ko g ngaca bkn ya umat kmu yg menysat kn bwt fa lo membhs agama, kta masing2 nyadar lo gw boom lo sya termasuk anggota teroris m

      • subhanallah kamu kalau ngisi comment seperti itu,,lihat ajj, aku yakin allah akan membalas perbuatanmu….

        naudzubillahiminjliq

      • Hati2 dengan ucapanmu karena mulutmu bisa jadi harimaumu

      • stu hruf yg kmu tlis di atas 1000 X cmbukan yg akn kmu dpat klak di akhrat,,, wah orang bejat…

      • sudahlah hai orang beriman bersabarlah,….
        jangan trlalu kebawa emosi dengan kata2 seprti itu…
        saya juga muslim yng sempat emosi, biarkanlah toh dia nanti yng dpat balasanny,…
        ingat 4JJ I MAHA MENGETAHUI,…

      • Sdh-sdh Saudaraku seanak cucu Adam’….
        Apapun Agama kita sekarang ini, TUHAN YANG MAHA ESA ini cuma satu aja. Klu memang Agama yg A, B, dan C itu dimurkai oleh TUHAN YANG MAHA ESA’ kenapa tdk dia musnahkan dr muka Bumi ini.
        Dari sekarang mulailah belajar dari diri sendiri. biar kita dapat mengenal diri untuk mengendalikan diri.

    • perasaan lucu amatt :p wkwkwkwkwkwkwkwk

  4. Lo yakin batu Malin Kundang itu bener2 batu? bukan pahatan semen? soalnya kalo bener2 batu kan aneh kok ga da yang bikin penelitian gitu dari dulu kala, malah cuma jadi tempat pariwisata aj…

    Setahuku emas di monas tuh cuma di tempelin aja (bentuknya lembaran kek aluminium foil) ga utuh kek gitu.

    ditunggu ya penelitiannya. Soal monas ditempelin aluminium foil atau bukan, itu ga jadi urusan kita. Karena andaikan itu emas murni sekalipun, Monas = Megah, bukan ajaib! Tqvm Gal. (kmane aje lo??) :)

    • memang si batu. tapi kakek gue yang pahat tu semua. hehehehehehehehhehehehehehhhehheh

      • gw salib lw

    • bodoh bget lo,, kisah malin kundang N monas aj ko’ g` tw,, plung lo klwar negri sna..

  5. jgn byk kmntr jd psng…

    kalo ga comment malah jadi pusing..

    • hakakaka…

  6. eh klo gw ajaib gk????

    eh, kurang ngerti deh gw… masih ada klasifikasi lain kok.. Babi berkaki dua misalnya :D

  7. iya juga ya..kenapa ga diteliti ya? tapi aku belum liat tu patung kamu yg di padang tu…em, kamu pasti ajaib sekali bisa menulis blog..(????)

    nulis blog cuma masalah keberanian.. bukan keajaiban.

  8. tolong sebarkan kepada dunia agar mereka tau sapa yg paling ajaib!!!

  9. Keajaiban adalah suatu relativitas tergantung dari sudut mana kita melihat mal, kamu mengumandangkan malin kundang pantas menjadi sebuah keajaiban dunia, intinya adalah research, kalau memang itu adalah metamorph dari seorang manusia, kenapa tidak ada seorangpun yang mencoba mengorek DNA dan aatau apapun dari situs malinkundang untuk memperoleh hasil yang empiris?

    Kalaupun saudara-saudara disini hendak memperdebatkan kesahihan harap mengundang pakar arkeolog, kalau mas amal bisa memaparkan paparan ini tidak cuma sebatas blog, tetapi dengan paparan empiris didepan ahli arkeolog lokal aja deh, pasti akan ada tindak lanjut.

    Semua dimulai dari sudut mana kita memandang, dan ingat anda sendiri yang dulu mengagungkan logika dan jangan semata menggunakan perasaan dan hati serta iman untuk bisa mempercayai sesuatu yang bukan bersifat KeTuhanan (semua bisa dipertanyakan).

    Are you already forgot your own root mal?

    Baik Adith, terima kasih atas komentarnya yang kritis. Saya akan mencoba untuk menjawabnya.

    Keajaiban adalah suatu relativitas tergantung dari sudut mana kita melihat mal,

    “Setahu saya tidak ada pengertian ajaib dalam KBBI yang seperti itu. Yang ada adalah : “sesuatu yang tidak dapat diterangkan dengan akal.” Research? Empiris? Are we talking about something that called as “ajaib”?

    kamu mengumandangkan malin kundang pantas menjadi sebuah keajaiban dunia, intinya adalah research, kalau memang itu adalah metamorph dari seorang manusia, kenapa tidak ada seorangpun yang mencoba mengorek DNA dan atau apapun dari situs malinkundang untuk memperoleh hasil yang empiris?

    “Penjelasan saya mengenai Batu Malin Kundang vs 21 Keajaiban Dunia adalah sangat ilmiah dalam definisi Ilmu Bahasa. AJAIB beda dengan MEGAH. (silahkan juga dilihat definisi MEGAH dalam KBBI). Mengenai mengapa belum ada penelitian tentang itu saya rasa pertanyaan itu lebih tepat diajukan kepada para pakar dan bukan kepada saya.”
    Saya tetap konsisten terhadap :
    1. Definisi Bahasa
    2. Differential Integral : menunjukkan sebuah perbedaan untuk kemudian menjabarkannnya satu persatu secara utuh dan lengkap atas sebuah objek.
    Saya sudah menerangkan satu persatu mengenai masing-masing keajaiban dunia menurut versi NOWC tersebut untuk kemudian sampai pada satu kesimpulan bahwa Batu Malin Kundang tersebut lebih ajaib dari yang mereka katakan karena tidak dapat diterangkan dengan akal sehat bagaimana dia terbuat dari betul-betul batu keseluruhannya, dan jika kita gali lebih dalam lagi maka ada keutuhan sebuah kapal disana (kondisi jauh berubah sejak 15 tahun yang lalu), sedangkan yang nampak saat ini (karena ditelantarkan pemerintah) beberapa galangan kapal, tali kapal, gentong-gentong dan bentuk2 manusia dalam areal yang luas, dan itu sudah ada dari sejak zaman buyut kita belum lahir, sehingga tidak ada seorangpun yang dapat menceritakan dengan pasti siapa ‘orang iseng’ yang mau membuat hal seperti itu. Tentu hal ini jauh berbeda dari sekedar perspektif ajaib atas patung penebus dosa kristus di brasil (dengan genjotan duit para penyumbang untuk memenuhi keinginan Pedro Maria Bros dan Keuskupan Agung Rio de Janeiro), menara eiffel, atau patung liberty amerika yang biasa-biasa saja itu atau bolehlah kita katakan MEGAH (walaupun misalnya dalam pembangunannya mengorbankan berjuta-juta nyawa manusia, ia tetap berada dalam koridor pengertian dari MEGAH, bukan AJAIB). Setuju?

    Kalaupun saudara-saudara disini hendak memperdebatkan kesahihan harap mengundang pakar arkeolog, kalau mas amal bisa memaparkan paparan ini tidak cuma sebatas blog, tetapi dengan paparan empiris didepan ahli arkeolog lokal aja deh, pasti akan ada tindak lanjut.

    “Arkeolog kurang tepat, karena menara eiffel, patung kristus, patung liberty dan sebagian besar yang lain itu juga tidak menggunakan jasa arkeolog untuk dinamakan ajaib oleh mereka. Mereka hanya menggunakan standard bahwa bangunan itu dibikinnya perlu duit banyak dan besar-besar, baik itu bangunannya ataupun tenaganya (hal ini berbeda dengan standard ajaib piramida yang ikut mengherankan ilmu arsitektur juga). Dan tidak perlu bagi saya untuk mengurusi para arkeolog lokal karena mental kita bangsa Indonesia masih ‘Afankelijkheid’ : ketergantungan pada segala sesuatu baik ilmu atau yang lainnya (termasuk menggunakan definisi AJAIB dengan mengangguk-angguk pada parameter yang digunakan NOWC). Sudah barang pasti saya akan dicuekin karena feodalisme menjadi santapan sehari-hari kaum yang menamakan dirinya intelektual itu. Hari gini jika kita ingin berbicara adalah di TINGKAT DUNIA walaupun barat masih bersandarkan segala sesuatunya atas interest (kepentingan) mereka sehingga value dan integrity hanyalah pemanis bibir belaka. Dan itu semua juga akan percuma jika kebenaran masih disandarkan pada SMS, Polling Internet, Suara terbanyak dan sebagainya.
    (terimakasih, kebetulan saya sedang membuat versi bahasa inggrisnya untuk saya kirimkan ke NOWC dan UNESCO, saya juga mengharapkan anda untuk menyebarkan tulisan ini kepada arkeolog, pendeta, imam, tukang sayur atau siapapun yang memiliki kriteria : Kecerdasan dan hati nurani), dan dengan segala kerendahan hati, tema ini (setahu saya) baru vivere pericoloso yang memaparkannya di dunia. Sesungguhnya menulis bukan masalah jago-gak jago ataupun keahlian tetapi lebih kepada keberanian untuk mengungkapkan yang benar walaupun pahit.”

    Semua dimulai dari sudut mana kita memandang,

    “saya setuju : bisa logis- bisa tidak logis, bisa pandai-bisa bodoh, bisa jujur pada hati nurani atau bisa juga membohongi hati nurani, bisa ikut setan (duit) atau malaikat (kemiskinan), semua tergantung kombinasi kecerdasan, hati nurani dan ‘tangan’ Tuhan.”

    dan ingat anda sendiri yang dulu mengagungkan logika dan jangan semata menggunakan perasaan dan hati serta iman untuk bisa mempercayai sesuatu yang bukan bersifat KeTuhanan (semua bisa dipertanyakan).

    “Jika anda mendalami tulisan saya, maka analisis yang saya kemukakan ini adalah jauh dari fanatisme keimanan.
    Dulu saya mengagungkan logika? Bacalah kembali, tulisan ini 200% adalah logika.”

    Are you already forgot your own root mal?

    My root (Syech Muda Waly) told me to tell the TRUTH is the TRUTH.

    Sebuah diskusi yang menarik dengan sahabat saya, Adit.
    Saleum.

    • like this

  10. masih ingat tragedi bom bali 1. yang menghancurkan gedung gedung bertingkat di sekitarnya…..
    dan ajaibnya 1 pahatan bata yang di sebut pelinggih ( pura ) berada di kawasan bom tersebut tidak hancur sama sekal. menurut saya itu yang bisa di bilang ajaib……

    • klo itu sih kebetulan aja bkn ajaib…
      yang gitu mah kaga ada ajaib2 nya sama sekali…

  11. Menurut Kakekku batu maling kundang e kliru malin kundang itu buatan manusia dibuat oleh PT Semen Padang alm. kakekku termasuk salah satu pembuatnya, memang orang padang pandai mengeksposenya. Contohnya Novel Sitinurbaya karangan Marah Rusli sampai-sampai dipercaya oleh orang Padang kalau ada kuburannya di Gunung Padang Betapa Begooooooooo nya orang yang mempercayainya

    • Kakek Loe itu kan dah gila
      ya weajar lah ……………….
      (ketawa) bruakawkakwwakkw

    • Dasar Tukang Bual Lo…..Nenek lo aja belum lahir tuh batu dah ada….

  12. kakekku malah bilang kalo datuk maringgih itu sebenernya dia sendiri…

    • enak aja… ngaku2!
      itu kan buatan kakek gw….

    • iya kan nenek loe siti nurbaya, salam kakek tercinta ya, wahai cucu datuk maringgi

  13. di Bangka Belitung juga ada yang ajaib, Biji Timah itu hidup, bergerak dan bisa beranakpinak.

  14. kenapa borobudur dan prambana tidak msk bangunan megah?????????????

  15. Ok.. Saya setuju.
    harusnya Pemerintah juga peduli.. misalnya, dibuatkan bangunan supaya situs ini terlindung, tidak rusak, dan dikelola dengan sebaik-baiknya. supaya kita tidak kehilangan, dan anak cucu kita masih bisa menyaksikan keajaiban tersebut..
    salam

    • sudah diajukan proposal y! tapi setelah dana itu cair,semua dana y diam2 diam2 bersama pejabat pemerintah y.

  16. Assamuikum
    Ini pelajaran Buat Generasi Masa Depan
    makanya harus taat ama orang tua

    Sultan Yusuf Iskandar Muda
    Saudagar Aceh Darussalam

  17. beneran yah bukan buatan semen?? hehehehe – blink2 mode! -
    dulu waktu gw kecil … kepala gw botak, gw maen nih ke situs ini!
    dan gw gak yakin2 amat ah itu beneran manusia berubah jadi batu ;-)
    mungkin karena itu, maka gak ada antropolog yang bikin riset soal situs ini?

    • ini artikel untuk tidak terlalu mendewakan bangsa barat dalam menetapkan kriteria-kriteria atas sesuatu serta definisi-definisi..termasuk yang dinamakan ajaib atau keajaiban dunia. batu ini lebih ajaib dibandingkan banyak pilihan vote yang disodorkan NOWC.

  18. yang ajaib tu bukan malin kundang!!!
    tapi maling dikondangan!!!
    he.he.he

  19. Di daerah saya Medan tepatnya di dekat stadion teladan ada juga tuh patung sisingamangaraja xii diatas kudanye lagi menghunus pedang, nah itu dikutuk juga nggak ya??? katanya kalo’ malam jum’at nggak ada disitu (minum tuak kalee di lapo, hiks….hiks…)

  20. yang ajaib pasti noordin m top, diuber uber densus 88 ratusan orang masih lolos juga apa ngak ajaib tu…

  21. setelah saya baca semuanya, emang bener tuh!! malin kundang kok ga dijadikan bahan penelitian para arkeolog/ahli sejarah manca negara. sudah sepantasnya tuhhh… masuk tujuh keajaiban dunia…
    dan menjadi pelajaran kepada seluruh umat di dunia, supaya jangan jadi anak durhaka.
    oh ya satu lagi!! lu pernah denger masjid di daerah TIDORE & TERNATE??
    katanya waktu ditemukan masjid itu ada di tengah hutah lebat yg g ada manusia tinggal.
    dan dari penelitain arkeolog, masjid tersebut udah 3000 tahun!!! bayangin aja ISLAM aja baru 1000 tahun lebih. saya dapet informasi ini dari dosen ilmu sejarah UI.

  22. wah buat semua yang ngebaca biar tambah tahu n ngerti nich tak tambah dikit.emang bener tuh semua jadi batu n dulunya juga hidup selayaknya manusia.eh mungkin semua akan tahu kalo dah bisa nyumpahin seperti ibuknya malinkundang.neh ada lagi orang jaman raja tuh tapa bratanya aja puluhan tahun ya gak khayal kalo bilang gitu aja di buktiin ama gusti ALLAH.nah langsung jadi batu.nah meski dites DNA ya gak bisa bodoh amat sih namanya aja udah dijadiin batu ya te2p batu.deketan mana ortune malinkundang dg profesor peneliti dna terhadap yg merubah jadi batu.nah lebih jelasnya tanyain ama yang ngebuat batu.

  23. benern tu km sok toloi kok bilang oran padang begooooo. km yang bego tauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  24. yang ajaib itu kita bangsa Indonesia sudah berkali-kali diuji tapi masih tetap bertahan, sudah kena Tsunami, gempa, gunung meletus, banjir tiap tahun, angin topan, kebakaran hutan, kemiskinan, pesawat jatuh, kereta api terbalik, kapal laut tenggelam, korupsi dimana-mana Terorisme, tapi masih bisa bangkit, diuji bangkit lagi, diuji bangkit lagi pokoknya Indonesia nggak ada matinya… ajaibkan…?, kalo bangsa lain yang mengalaminya mungkin sudah keok.. tapi Indonesia tetap berdiri sampai sekarang dan masih tetap diuji sampe sekarang……….

  25. mnurutku yg ajaib itu bermuda triangle de..

    ckckc

  26. Pokok na yang ajaib itu mah semua ciptaan tuhan…
    Yang tidak akan mungkin bisa diciptakan oleh manusia…
    Sedangkan apa yang bisa dibuat manusia juga bisa dibuat oleh manusia lainnya bukan ajaib atuh…

  27. Yang ajaib itu mah semua hal yang diciptakan tuhan..
    Apa yang bisa dibuat manusia mah bukan ajaib hanya sajasesuatu yang luar biasa…

  28. Menurut saya yg paling ajaib yaitu candi sewu prambanan,soalnya itu dibuat hanya semalem doang,ditambah lagi yg buat para jin,gendruwo,wewe,memedi,dan bangsa lelembut lainnya,ajaib n sekaligus menyeramkan to hehe..

  29. lha? kalau stonehenge nggak ajaib, anda bisa menjelaskan tentang stonehenge berarti? itu apaan sih?

    • Batu-batu berdiri melingkar yang dibuat dari jaman 3000 – 1600 SM itu pantas menjadi warisan dunia, tapi tidak ajaib, karena masih dapat dibuat dengan teknologi yang dijangkau manusia pada saat itu. untuk selanjutnya anda baca sendiri di uncle google banyak. terimakasih.

  30. keajaiban dunia tu cm milik alloh semata kt cm d titipi n senantiasa menjaganya

  31. ya yang ajaib sih menrt ku sendiri, ya kenapa smua mnusia ciptaan Allah tu pada pinter2

  32. He he he ……jangan ektrem begitulah sedikit diplomatis kenapa sih sampai main main batu segala.
    Tapi masih mendingan batu bisa bahaya lagio bila main api…….

  33. wow!!!!
    god banget man
    tempat tinggal gue

    • hal ajaib ya yg gondol uang century dan blm ketangkep2..pdhl udh jelas duit larinya kmn..termasuk para koruptor2 yg ajaib gak ketangkep2…Dan yg paling ajaib dr semuanya adalah cicak berani lawan buaya!

  34. keajaiban yg lain

  35. wow…
    Batu Malin Kundang terbuat dari semen, dibuat thn berapa ya..? Dihempas ombak tiap hari kok tahan. Bangunan di darat digoncang gempa beberapa detik saja kok ambruk. Memeng ajaib menurut-ku.
    Dari aku,Tanggapan dari bukan org pintar

  36. keAjaIBAn ITu Sesuatu YAng mustahil DAn tiDAk MAsuk Akal…MAnusia Tidak AKn Tahu Kenapa KEajaiban Ithu Terjdi….Q DAn Drimu DAn Semua Orang Di dunia INi tdak AKn Thu…Smua Ithu HAnya Ke HEndak ALLAH SWT….

    sbNerx IThu Smata mata Allah Ingin MEnunjuk KAn…KEkuasaan dan KEbesaranNYA….BIAr smua MAnusia Sdar Akan adaNYA ALLAh….

  37. HiHiiii………..malin kundang…….

  38. gini-ginian jgn di bicara in ntar kena kutukan nyi roro kidul…..jadi batu kayak sangkuriang …

  39. Kalau aku yang komentari semua, yang ajaib tu memang tidak masuk akal,mustahil dan hanya iman kita yang menjawabnya.jangan anggap yang megah itu ajaib. itu khan masih bisa dijamah dengan i8lmu pengetahuan.akh.borobudur,patung liberty, menara Eifel, dan linnya itu hanya buatan manusia yang bisa dijelaskan degan pengetahuan. Saran saya, coba deh lihat yang lain yang tidak dapat dijangkau dengan akal, masih banyak kok.eh..tapi jangan suruh saya yang cari.cari aja di bloger yang ada.

  40. kalo malin kundang masuk kategori ajaib, ntar banyak nyusul keajaiban2 dari indonesia, indonesia kan kaya akan keajaiban, termasuk keajaiban pak suharto yang nggak ketauan belangnya ampe mati, kutukan sipaet lidah yang mana banyak orang jadi batu dan ada desa yang jadi batu, keajaiban dari pesugihan2, keajaiban ponari yang bisa ngobatin cuma pake batu, keajaiban orang2 yang punya magic kayak anaknya uya kuya, wah banyak deh. Kuncinya kamu tuh mikirnya kemana, jangan bawa emosional.kamu mesti tau kriteria yang dipake untuk membuat suatu benda atau lokasi menjadi ajaib tuh apa..yang paling jelaskan dari kekaguman banyak orang.emangnya patung sangkuriang dikagumi orang?ya,cuma rakyat indonesia.krn banyak seniman lain yang bisa membuatnya.nah, kalo kamu bandingkan dengan piramida, ada gak yang mau buang nyawa buat kayak gitu. pikirin jka sendiri.

  41. hhhmmmmmmmm……..kenapa d ributkannn….kita bagai sebutir pasir di tepi laut….banyak ibadah kapada yg maha kuasa,,,

  42. addddddddddddddddduuuuuuuuuuuhhhhh aku sampai tidak percaya kalau maling kundang tidak mengakui kalau ibunya seorang nelayan

  43. Apakah manusia tidak berfikir tentang penciptaan itu, dan penciptaan lain yang menunjukkan tentang keajaiban penciptaan Allah SWT itu.Bagaimana dengan proses penciptaan manusia itu sendiri ? Berfikirlah wahai manusia tentang berbagai penciptaan Alloh itu, dengan itu insya Alloh ada rahmat yang akan kita terima. Insya Alloh. Amiin.

  44. menurut sy keajabian itu ad.cuman keajaiban sang pencipta……… krna sgala yang ad d dunia pasti mukin terjadi.!ats azin allah. kalau menurut sy keajaiban dunia itu bza2 aj sm sy krn mcem 7 keajaiban dunia itu hnya buatan manusia semata jd gk heran! cuman kta hruz menjga dn melindunginya juga mempelajarinya

  45. itulah indonesi banyak hal yg diluar nalar kita,maka dari itu kita harus menjaga kebudaya’an kita dan melestarikan nya….
    maka dari itu kita sebagai anak bangsa harus tetap menjaga dan mempromosikan kepada dunia

  46. iyA juGa ya >///??

    baTu malIn KundaNg kHan seHarusX maSuk nOminasi tsb .,/,//,/.
    paYah.,…

    sUka piLih2,.,,,.,

  47. kalau yg dapat dikatakan keajaiban dunia adalah manusia ..
    karena manusia sesuatu yg MAHA DASYAT ..
    bila tidak ada manusia bangunan-bangunan yg dikatakan keajaiban dunia pun tidak akan ada ..
    akal untuk berpikir pun sangat penting, bila tidak kita tidak dapat berfikir untuk menbagun semua bagunan yang maha dasyat ..
    jadi semua keajaiban adalah berkah yang diberikan TUHAN kepada manusia untuk dapat membuat sesuatu yang luar biasa..
    jadi kita sebagai manusia haruslah bersyukur akan semua kesempurnaan yang diberikan TUHAN YANG KUASA ..

  48. wahh… ajaib banget yahh…….. sungguh d luar pikiran manusia

  49. wahh ,, ajaibanget yahh sungguh d’luar pikiran manusia

  50. yang ajaib itu mah danau toba sumatera utara,,,,,sangat ajaib dan sekalian megah,,,,,,,,

  51. yang ajaib adalah manusia.
    bisa mikir apaan dan bertanya tentang keajaiban,

  52. duh…duh… jangan ikut2 malin kundang yaaaa ntar jadi batu iya kalok batunya bagus lah ini wong item gi2

  53. yang ajaib ya scooteris,,,,,,,,
    vespa gembel………

  54. Untuk dapat masuk kategori warisan dunia dari UNESCO ada kriterianya. Suatu bangunan butuh waktu 10 tahun untuk bisa terpilih sebagai World Heritage, jd bukan cuma dipandang dr kemegahan atau bentuk fisik saja. Kalo batu malin kundang sih itu buatan, untuk menarik wisatawan aja.

  55. gitu aja kok repot…..

  56. Banyak hal didunia ini yang bisa dikatgorikan ajaib atw megah.. patung malin kundang, borobodur, prambanan, monas, dll.. semua adalah keajaiban, kita g perlu menunggu pengakuan dunia akan hal itu. yang terpenting adalah bagaimana kita sebagai penerusnya bisa menciptakan keajaiban minimal dengan terus menjaga keajaiban2 itu tetap ada..

  57. wahai kamu agama lain,,,,,,jangan lah kamu menfitnah agama kami agama islam,karna agama kamu itu sudah basi, sudah habis waktunya,masuk lah kalian kedalam api neraka yang menyala-nyala.

  58. kkuasaan tuhan tidak bisa dipikirkan di ungkap dg logika. krna itu di smua agama pasti mngatakan manusia tiada yg smpurna dan ada batas kmmpuan nya. jika km merasa yakin dg apa yg km ykini. istiqamah sllu, jika ingin mmprdebatkan ssuatu tntg agama. adakan forum, jd bakal kliatan siapa yg hnya skedar omong tanpa ada isi. skedar infrmasi, alquran dimana pun di sluruh belahan dunia. tetap sama isi nya dan bacaanya, yg brbeda cm trjemahan bhasa nya. ssuai dg tempat nya. dan itu dr dulu ngak pernah berubah. ngak ada istilah pemabharuan alquran. krna itu BUKAN BUATAN MANUSIA, DAN INGAT JANJI ALLAH. IA AKAN SLLU MEJAGA KITAB ALQURAN. JADI HATI2 BUAT YANG UDAH MENGHINA ALQURAN

  59. itulah gambaran nak durhaka,jangan sampai lg kejadian lg di indonesia

  60. kkuasaan tuhan tidak bisa dipikirkan di ungkap dg logika.
    krna itu di smua agama pasti mngatakan manusia tiada yg smpurna dan ada
    batas kmmpuan nya. jika km merasa yakin dg apa yg km ykini. istiqamah
    sllu, jika ingin mmprdebatkan ssuatu tntg agama. adakan forum, jd bakal
    kliatan siapa yg hnya skedar omong tanpa ada isi. skedar infrmasi,
    alquran dimana pun di sluruh belahan dunia. tetap sama isi nya dan
    bacaanya, yg brbeda cm trjemahan bhasa nya. ssuai dg tempat nya. dan itu
    dr dulu ngak pernah berubah. ngak ada istilah pemabharuan alquran. krna
    itu BUKAN BUATAN MANUSIA, DAN INGAT JANJI ALLAH. IA AKAN SLLU MEJAGA
    KITAB ALQURAN. JADI HATI2 BUAT YANG UDAH MENGHINA ALQURAN

  61. batu malin kundang itu memang ajaib,,,itu keajaiban dari Allah seharsnya kita belajar dari tu sma,,sudah seharusnya kita menghormati orang tua

  62. keajaiban tuh berasal dari sang pencipta alam,, dan bisa di katakan ajaib hanya pada hati orang itu sendiri.. mungkin sebagian orang menyatakan ajaib dan sebagian orang pu tidak mengatakanya.. oh ya dan saya baca koment2 nya tuh..ada yg membawa agama..kalau anda memang mempunyai agama sebaiknya anda harus menghormati satu sama lain.. oh ya jangan jauh2 dech… saya ataupun anad sekalina di lahirkan ke dunia ini melalui perut seorang ibu,dan membuat kita seperti sekarang itu namanya bukan ajaib tah ? ajaib kan?

  63. emang ad y??????
    maka nya jgn durhaka sprti malin kundang…………
    ok…. anak22222

  64. Ajaib itu sesuatu yang terjadi secara ghaib. kita (yang org muslim) wajib mempercyainya. tapi jangan mengimani. yang kita Imani adalah yang mempunyai sifat Ghaib. yaitu ALLAH SWT, Malaikat, adanya Alam Barzah,dan alam akhirat termasuk surga dan neraka. ingatkah kita di surat al-baqarah ayat 3 ; ” Alladzi na yukminu na bil ghaibi……….”
    kita wajib iman kepa yang ghaib dan sesuai dengan rukun iman yang pertama.

  65. kosong adalah isi
    isi adalah kosong

    pada cari sendiri ye… maksudnye…

  66. swt………keajaiban tuhan yg maha kuasa adalah sesuatu hal yg tdx dpt kita saingi

    dngn kisah malin kundang inilah kita hrs sadari betapa marah nya org yg tlh mengandung kita sejak lama dan telah membesarkan kita…….. :)

  67. Dikatakan ajaib, karena langka dan jarang terjadi, coba lihat diri kita sendiri sebenarnya ajaib, dari kecil bisa besar bisa jalan, bisa mikir, tapi karena manusia udah banyak makanya gak ajaib lagi kelihatannya dan biasa aja. Malin kundang emang gak jelas ntah ada yang buat atau emang beneran, memang kebanyakan orang bilang sesuatu yang ajaib, tapi kalo di mana2 ada batu seperti itu pasti udah biasa aja dan tidak ajaib rasanya.

  68. tuh akibat ngelawan orank tuha
    MAMPUS LOAH

  69. ..saya rasa yg ajaib itu ”EDY TANZIL” dari dulu sampai sekarang lari tdk pernah finish

  70. tali malin kundang gede banget yach??

  71. akibat dari kerduhakaan anak terhadap orang tua,MAha besar allah SWT….

  72. makanya jangan jadi anak yang durhaka ma orang tua

  73. yaNg aJaib2 maNk banYak bGt bRoo. . .
    g’ Ush d pKirin tO d PermasalaHin.. bYrin z Tu oRg2 p!ntr y6 pKirIn………….

  74. malin kundang ?? rasain lo emang enak jadi batu hahahahah

  75. makanya jangan jadi anak durhaka pada ibu karna ibu susah payah melahirkan kita dari satu bulan hingga sekarang betapa kasihan nya dia beribu – ribu dunia tak akn bisa membalas semua kebaikan nya

  76. SEHARUSNYA INI MENJADI KEBANGGAAN BANG SA INDONESIA

  77. Cerita malin kundang, penuh dengan nasehat dan baik buat cerita pengantar tidur anak.

    Ajaib atau megah, yang penting penuh nasehat dan hikmah.
    Note :
    Surga berada di bawah telapak kaki ibu.

    thanks

  78. sandy sangat takjub untuk melihat batu Maling Kundang

  79. Kita ini sudah didik dari kecil dengan nesehat nasehat yang abadi :
    Rajin pangkal Pandai.
    Muda menabung Tua beruntung.
    Sedikit sedikit lama lama menjadi Bukit.
    Besar Pasak dari pada Tiang.
    Sekali mendayung dua tiga pulau terlewati.
    Air susu dibalas Air tuba.
    Mulut mu harimau mu, jagalah lidah mu.
    Buku adalah gudang Ilmu.
    Berburu kepadang datar dapat rusa belang kaki, berguru kepalang ajar bagai bunga kembang tak jadi.
    Dan masih banyak lagi yang lainnya, semuanya itu nasehat.
    Pada waktu pertama kali masuk kelas baru, Ibu Guru membimbing,
    “Anak anak hari ini pemilihan ketua kelas, calonnya adalah Si Amat, Si Badu, Si Budi dan Si Nita. Suara terbanyak menjadi Ketua kelas, yang kedua menjadi Wakilnya, yang ketiga menjadi sekretaris dan yang ke empat menjadi bendahara. itu pemilihan Demokratis, tidak ada money politik, karena dipilih dengan kepolosan. Tidak ada rasa persaingan, setelah terpilih kelas menjadi aman dan rapi.
    Bandingkan dengan sekarang….? Kita sudah dipecah belah dengan dalih Demokrasi, dengan dalih perbedaan itu indah, dan sebagainya yang dikemas menjadi indah.
    Contoh sudah banyak, keledai saja tidak mau terperosok dalam lubang yang sama…(renungkanlah sahabat…!)

  80. malin kundang mang ajaib..
    d jepang lebih ajaib lagi…masuk besi keluar nya mobil,motor,pesawat…
    dan yang lebih ajaib lagi…bapak2 qta semua….masuk anu keluar qta….hahahahhahaha

  81. yo itu baru nmo nyo keajaiban dunia

    • Pusing…..

  82. waahhhhhh hebat,,,,,,,,,

  83. Kalo jdi anak itu harus berbkti kepada orang tua,jngan bentak”orang tua kita,karna ia sudah mengsihi sejak kecil sampe sekarang kta sdah bsar,seharus’y qta harus sdar diri dong…???

  84. menurut saya UNESCO itu berprinsip “banyak uang pasti untung”!
    seharus nya patung malin kundang itu di masukan kan kedalam keajaiban dunia,kenapa?karena patung malin kundang itu termasuk suatu hal yg misterius/gaib.
    oleh sebab itu,suatu yg misterius itu jangan sekali2 di hilang kan,sebab itulah kekayaan INDONESIA ini,penuh dengan hal2 yg menakjubkan,

  85. Sebenarnya kita hrus mlht bhwa itu cobaan dn kita hrus menganggapinya

  86. betul.kata yang di atas.yang masuk ke ajaiban duni it bukn ky’g2.shrusx yang menjadi keajaiban dunia adalh hal2.yang aneh!dan ajaib adanya!

  87. hanya allah yang tahu itu semua

  88. hormatilah ayah dan ibu mu agar engkau berbahagia dan lanjut umurmu, di bumi yang diberikan Allah padamu,


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: